Inspect Tools, Evaluasi dan Optimalkan Campaign Kita

Spread the love

Bagi seorang Advertiser, Data adalah segalanya. Pun demikian, data tak akan berarti jikalau kita tidak bisa menggunakanya.

Facebook sangat “memanjakan” para advertisernya dengan Penyediaan data sangat detil sekali, bahkan memberikan grafis grafis dinamis untuk memudahkan advertiser melakukan keputusan campaign yang dijalankan. Salah satunya “Inspect Tools” . Dalam New Dashboard, Inspect tools ini melekat di Level Adset. Disini saya akan sharing bagaimana memanfaatkan tools ini dan impact nya kepada campaign kita.

Inspect Tools

Sorot Adset yang akan kita Inspect data dan kinerjanya disini

Untuk Mendapatkan data ini, Campaign minimal berusia 7 Hari

Kompetisi Lelang

Data ini memberikan gambaran tentang Kepadatan Kompetisi lelang iklan kita, dengan kata lain, banyak sedikit atau Tinggi rendahnya persaingan. Garis 0% Berarti Stabil, di Bawahnya ( -50%) Menggambarkan Low Competition dan diatas 0-50% Haigh Competition.

Iklan Facebook didistribusikan berdasarkan sistem lelang. Jika banyak pengiklan ingin menjangkau orang yang sama, pelelangan otomatis Auto Bid (Sekarang namanya Lowest cost) menentukan iklan mana yang dilihat orang itu.

Persaingan yang lebih besar akan menyebabkan biaya yang lebih tinggi untuk menjangkau orang. Meskipun tingkat konversi kita mungkin baik-baik saja dalam kasus ini, persaingan yang tinggi dapat mengakibatkan biaya per konversi yang Muihil menyebabkan Boncozz.

Grafik di atas menunjukkan apakah kompetisi berada pada, di atas, atau di bawah level rata-rata. Facebook menganggap apapun di atas 20 persen sebagai persaingan tinggi.

Jangan memaksa bertahan di Audience yang membuat kita merugi. dari Data ini, kita bisa memutuskan, Tetap atau beralih audience target.

Kejenuhan Audience

Apakah Target Campaign kita jenuh atau tidak tertarik lagi dengan iklan kita? data ini menjelaskan kepada kita.
Tolok ukurnya :
a. Frekuensi : Seberapa Sering seseorang menerima Iklan kita. Setiap Produk,Niche,dan Audience berbeda dalam menentukan Batas atas Terbaik. Bisa jadi semakin sering semakin baik atau sebaliknya.

b. First Time Impresssion : ini adalah data yang menunjukkan seberapa tertarik pemirsa ketika menerima iklan anda dalam pandangan pertamanya. kalo kata Enginner Facebook, Minimal adalah 50%, jika dibawah itu Berarti Gambar,Video atau Copywriting anda TIDAK MENARIK

c. Reach : User yang telah dijangkau Iklan kita

d. Audience reached Ratio : Prosentase yang telah dijangkau dibanding Audience Size yang kita target. Angka 10.92% diatas, berarti Audience saya masih besar yang belum terjangkau atau mendapat iklan.

Data ini membantu kita menentukan untuk On atau Off Campaign kita Atau memutuskan membuat Audience atau Ads Creative Baru

Auction Overlap

Jika kita menjalankan beberapa adset yang menjangkau orang yang sama, kita mungkin bersaing dengan diri kita sendiri. Tumpang tindih Lelang menunjukkan seberapa sering hal ini terjadi dalam akun iklan yang sama.

Data saya diatas, menjelaskan 3 Adset yang overlap. Lagi lagi, Kata Engineer Facebook yang barusan telponan sama ane, Batas Toleransi Overlap adalah 1%.

Sudahkan anda Melakukan Evaluasi dengan data data kita?Bisa jadi Mahalnya CPR, Rendahnya Closing Rate dll Kita hanya bisa Ngedumel padahal Facebook sudah ngasih tahu kita.

Semoga Bermanfaat
Pompy Syaiful Rizal

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *